eCommerce Shopify Terintegrasi dengan ERP

Shopify Terintegrasi dengan Odoo

Jika anda mempunyai toko online dan tidak mempunyai keahlian khusus di bidang programming, anda bisa memanfaatkan platform ecommerce shopify dimana anda bisa mempunyai toko online tanpa coding.

Shopify adalah web ecommerce berbayar (cek pricingnya disini https://www.shopify.com/pricing) yang berguna untuk membuat toko online, dari manajemen produk, inventaris harga, pembayaran hingga shopping. Platform pembuatan toko online ini cocok untuk para pemilik bisnis yang ingin membuat toko online sendiri, tapi tidak mempunyai pengalaman coding sama sekali.

Ada hanya perlu mendaftarkan diri di situs resmi shopify lalu anda bisa memulai membuat website toko online melalui dashboard yang disediakan. Shopify menyediakan dashboard yang sangat mudah dipahami oleh orang-orang awam.


eCommerce Shopify Terintegrasi dengan ERP (Odoo)

Jika bisnis anda semakin meningkat dan anda tidak hanya menggunakan ecommerce untuk menjual produk-produk anda, tetapi juga melalui penjualan lain seperti distribusi ke toko-toko lain ataupun konsinyasi.

Anda tentu akan semakin kerepotan mengelola inventory anda, mengelola pembelian produk ke distributor, pembayaran sampai penerimaan barang, mengelola penjualan ke customer, penagihan sampai penerimaan barang di gudang.

ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan konsep yang sangat cocok untuk diimplementasikan karna dapat mengintegrasikan seluruh operasional perusahaan mulai dari sales, purchase, inventory, finance & accounting termasuk penjualan melalui platform ecommerce anda (misal : shopify).

Terlebih jika anda mempunyai beberapa shopify instance dimana setiap instance menjual brand yang berbeda-beda, anda dapat menggunakan Odoo untuk mengintegrasikan seluruh shopify instance anda.