Wave Picking vs Batch Picking, mana yang lebih efisien ?

ANALOGI

Sebelum kita membahas tentang perbedaan wave picking dan batch picking, saya akan mencoba memberikan analogi seperti di bawah ini.

Misal kamu akan pergi ke supermarket untuk membeli beberapa kebutuhan rumah tangga dan membawa 2 catatan pembelian (shopping list), Kamu bisa berbelanja dengan shopping list yang pertama dulu dengan mengelilingi supermarket dan mengambil barang yang akan dibeli kemudian melakukan hal yang sama untuk shopping list kedua. Atau bisa dengan membawa shopping list pertama dan kedua dan mengelilingi supermarket sekali saja. Menurut kamu mana yang paling efisien ?

Sekarang bayangkan kamu dan teman kamu melakukan pembelian ke supermarket dengan membawa 90 shopping list. Kamu bisa membaginya ke dalam 3 batch masing-masing 30 list, jadi masing-masing kamu dan 2 teman kamu membawa 30 shopping list untuk mengelilingi supermarket atau kamu bisa menggabungkan 90 list dan membagi pembelian berdasarkan area, kamu fokus membeli di bagian frozen food dan buah-buahan, teman pertama kamu fokus ke pembelian snack dan makanan kering dan teman kedua kamu fokus ke pembelian peralatan rumah tangga. Menurut kamu mana yang paling efisien ?

Pada perusahaan yang melakukan picking dari lokasi satu ke lokasi yang lain dalam jumlah banyak tentu akan menghabiskan waktu. Mengurangi waktu picking tentu akan meningkatkan efisiensi perusahaan. Maka itulah diperlukan metode picking.

Tapi bagaimana anda tahu metode yang paling efisien ?

Berikut saya akan coba menjabarkan perbedaan antara wava picking dengan batch picking.

APA ITU BATCH PICKING ?

Dengan batch picking, beberapa orderan di pick bersama-sama di waktu yang sama, dan employee 1 akan pergi kemana saja di dalam warehouse, dengan mengelompokkan orderan employee 1 akan pergi ke setiap lokasi  hanya sekali saja untuk memenuhi beberapa order dan dilakukan secara serentak, employee 2 juga memungkinkan untuk pergi ke lokasi yang sama untuk memenuhi ordernya.

Selain itu pada batch picking user juga dapat melakukan penjadwalan terhadap orderan mana yang harus diprioritaskan.


KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN BATCH PICKING

Di beberapa model bisnis, batch picking bisa meningkatkan kecepatan pick dari 60-70 list dalam satu jam menjadi 200 list dalam sejam atau lebih, tergantung dari profil pesanan dan ukuran troli. Misalnya melakukan picking dengan produk yang bentuknya sama lebih efisien (lebih banyak yang dapat ditampung) ditempatkan ke dalam troli daripada mengambill produk yang bentuknya berbeda-beda.

Odoo CMS - a big picture

APA ITU WAVE PICKING ?

Wave picking merupakan metode pick untuk spesifik produk, setiap orderan akan dipisah-pisah berdasarkan produk dan setelah itu picker akan pergi hanya ke satu lokasi dan mengumpulkan produk berdasarkan kategori untuk dipindahkan ke area packing zone. Sehingga produk dapat dipisah-pisahkan lagi sesuai pesanannya.

Dengan menggunakan metode ini akan menghemat waktu picking tapi user juga harus memisah-misahkan setiap produk di bagian packing zone.


KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN WAVE PICKING

Wave picking dapat mengontrol secara jelas kapan order bisa di pick, metode ini dapat berdampak pada perputaran barang di dalam warehouse, tidak hanya untuk picking tapi juga untuk pembelian, packing dan pengiriman.

Waktu wave picking ditentukan oleh beberapa faktor, seperti penjadwalan kendaraan. Jumlah wave bisa dikoordinasikan untuk memaksimalkan picking dan packing dalam rangka memenuhi jadwal pengiriman distributor.

Wave bisa dialokasikan pada waktu yang berbeda terhadap lokasi yang berbeda. Ini dibutuhkan jika warehouse mempunyai zona waktu yang lebih lama untuk melakukan picking dari yang lain. Dan juga, warehouse dengan produk khusus seperti keamanan yang tinggi atau dengan penyimpanan dengan temperatur yang ketat - SKU perlu di pick sebelum pengiriman.

Keuntungan lain dari wave picking bahwa ukuran troli biasanya bisa menampung jumlah produk yang lebih banyak dibandingkan dengan metode picking yang lain. Ini karena produk akan dipisah dan dikumpulkan berdasarkan ukuran dan bentuk yang beragam.

Satu kelemahan dari wave picking adalah ketika barang dari wave order telah di pick. Orderan harus dipisah-pisah lagi sesuai pesanannnya.

Odoo CMS - a big picture


KESIMPULAN : APAKAH WAVE PICKING ATAU BATCH PICKING...MANAKAH METODE YANG PALING EFISIEN ?

Metode terbaik akan tergantung dari jumlah produk dalam satu pesanan (sales order) dan berapa jumlah SKU dalam stok anda. Batch picking biasanya cocok untuk warehouse yang mempunyai ukuran produk yang kecil sehingga mempercepat proses picking. Ukuran dan bentuk yang sama bisa menampung jumlah yang banyak di dalam troli, sehingga memperkecil jarak ke SKU atau lokasi yang sama. 

Tapi wave picking jauh lebih efisien untuk perusahaan dengan jumlah SKU yang sangat banyak. Bisa dipertimbangkan sebagai metode yang lebih baik dari batch picking dimana batch picking dapat menyebabkan traffic yang banyak. Jumlah picker dengan troli atau forklift bisa menyebabkan congestion. Sehingga menghabiskan waktu yang banyak karna pekerja harus menghindari dan menunggu.

JIka anda membutuhkan saran metode picking yang paling baik untuk warehouse anda atau bagaimana cara melakukannya dengan sistem ERP, silahkan konsulasikan kepada kami.